BANJIR ROB 2 KILOMETER, LUMPUHKAN AKTIVITAS EKONOMI WARGA DI PESISIR PANTAI SEUNUDDON

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 16 Agustus 2018 -Dampak banjir rob tidak hanya membuat warga desa mengalami kerugian namun juga sejumlah termpat wisata yang berada di pesisir pantai seunuddon ini porak poranda akibat terjangan ombak dan melumpuhkan aktifitas ekonomi seputaran pantai.

Sejumlah tempat wisata di pesisir pantai ini ada yang telah menghilang bahkan sejumlah tanaman pengaman pantai tidak terlihat bekasnya, pasca terkikis ombak yang ketinggiannya melampui pasir pantai.

Pantuan tim IndonesiaBangkit.Net, di kawasan wisata pantai matang Puntong Seunuddon Aceh Utara, para pedagang di pesisir ini hentikan aktifitasnya karena lokasi digenangi banjir rob. Tidak hanya genangan air, terdapat pula endapan pasir hingga membuat lokasi ini tidak dapat beraktifitas.

Satgas BPBD Aceh Utara turun ke lokasi dan melihat langsung keberadaan lokasi ini namun petugas lapangan BPBD Aceh Utara, Darsa berharap kepala desa setempat secepatnya mendata sejumlah kerusakan dan kerugian yang di timbulkan akibat bencana ini. “Kami telah melihat langsung dampak banjir Rob ini dan semoga saja data kerusakan secepatnya dilaporkan, tadi juga telah kita hubungi camat setempat  dan telah siap membantu pendataan “ kata Darsa kepada IndonesiaBangkit.Net.

Pantai wisata ini merupakan salah satu sumber pencarian ekonomi warga di kawasan pesisir disamping berprofesi sebagai nelayan. Namun, sejak beberapa hari terakhir para nelayan juga tidak dapat beraktifitas akibat cuaca buruk dikawasan ini, bahkan diperkirakan banjir rob ini akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Banjir rob yang terjadi di pesisir Seunuddon ini sebelumnya tidak pernah melampui batas, namun sejumlah masyarakat yang ada di kawasan ini menyebutkan, penyebabnya adalah pembangunan jeti sehingga pusaran air yang seharusnya tidak terhalang dengan batu batu gajah hingga membuat air itu membentuk pusaran air. Hasilnya membuat kehancuran hampir dua kilo meter pesisir hingga air laut menyeberangi ketinggian pasir pembatas pantai dan membuat warga di sepanjang pantai terkena dampaknya. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment