BANJIR GENANGI COT GIREK, PESTA PERNIKAHAN WARGA DIRELOKASI KE MEUNASAH

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 26 September 2018 – Banjir yang merendam ratusan rumah warga di lintasan lhoksukon cot girek aceh utara, membuat pesta pernikahan warga desa nga terpaksa di pindahkan ke meunasah gampong setempat. Banjir kiriman dari kawawasan pegunungan aceh utara ini, mengakibatkan ratusan rumah warga di sepanjang lintasan kilo meter 7 sampai kilometer tiga  lintasan lhoksukon cot girek terendam banjir.

Warga desa nga  lhoksukon tengah yang melaksanakan pesta pernikahan ini terpaksa memindahkan acara ke lokasi di meunasah atau surau yang berjarak lima ratus meter dari lokasi awal. Ketua forum geuchik lhoksukon, M Yusuf, mengatakan banjir yang datang mendadak ke kawasan ini membuat kegiatan pesta pernihakan ini dipindahkan ke daerah ketinggian.

“Pagi tadi disaat kegiatan pesta akan dilaksanakan banjir telah menggenangi rumah mempelai  sehingga kita pindahkan kesini, kalau tidak tamu yang datang dari langsa tidak ada tempat,” Ujar M Yusuf. Banjir kiriman ini akibat hujuan di pegunungan dan pecah tanggul di kawasan desa kumbang mengakibatkan desa yang ada di sepanjang bantaran sungai ini terkena dampaknya.

Sementara itu tokoh masyarakat desa kembang Wan Nekat mengatakan pemerintah harus cepat mengambil tindakan karena bila hujan bertambah kawaswsan ini akan porak poranda akibat jebol tanggul. “ harapan kami pihak bpbd aceh utara secepatnya turun mengambil sikap untuk tanggap darurat dan menambal kedua sisi tanggul sungai yang jebol akibat kelengahan kontrktor lupa menimbun kembali usai pembangunan jembatan ini,” jelas Wan Nekat.

Munawar ibrahim selaku kepala bpbd aceh utara telah turun ke lokasi dan melihat langsung dampak kejadian ini dan meyakini apabila tidak cepat di atasi jalur lintas cot girek satu satunya ini akan lumpuh total “Yang kita khawatirkan adalah bila ada orang sakit melahirkan sulit untuk di evakuasi karena jalan lintas ini akan tenggelam, tadi saya sudah kirim laporan pada bapak bupati aceh utara semoga saja ada solusinya “kata Munawar kepada IndonesiaBangkit.Net.

Kondisi terakhir banjir berangsur surut setelah naik mendadak namun berpindah ke lokasi lain yakni disepanjang lintasan jalan cot girek menuju arah lhoksukon. Sebahagian lokasi masih menyisakan genangan hingga satu meter baik di dalam rumah maupun di halaman rumah hingga menyebabkan beberapa warga mengungsi ketempat tetangga yang lebih aman. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment