(IndonesiaBangkit.Net, Mojokerto) Sungguh ironis di kala harga kebutuhan pokok dan masih banyaknya masyarakat miskin di kabupaten Mojokerto jawa timur, ternyata ada sebuah kantor balai desa petak, kecamatan pacet dengan tampilan mewah. Hal ini bahkan sempat menjadi perbincangan di sejumlah media social, Karena ornamen dan gaya bangunan yang terlihat sama sekali tidak mencerminkan kalau bangunan ini adalah sebuah kantor desa melainkan menyerupai gedung peninggalan zaman belanda dan bisa ditaksir menghabiskan dana milyaran rupiah.

Memiliki ciri layaknya bangunan eropa pada umumnya, kantor desa ini memiliki dua lantai yang berdiri kokoh dan menghabiskan biaya pembangunan lebih dari satu miliar rupiah. Dana pembangunan nya didapatkan dari anggaran pendapatan belanja desa atau APB Des yang mencapai 500 juta rupiah setiap tahunnya, sedangkan dana kekurangannya didapatkan melalui pinjaman dari pihak ketiga.

Berbagai fasilitas rencananya akan dibangun untuk memudahkan kinerja para perangkat desa petak, seperti ruang khusus pelayanan masyarakat dimana setiap ruangannya disediakan toilet serta dua unit dapur untuk keperluan konsumsi. Ide pembangunan kantor desa bergaya eropa ini dimulai pada tahun 2015 lalu dimana perangkat desa melihat bangunan kantor desa lama sudah sangat rapuh dan tidak layak pakai langsung menggelar rapat internal.

Meski sudah dua tahun proses pembangunan dilakukan, namun hingga kini gedung kantor desa yang baru ini belum diresmi dipakai. Rencananya proses pembangunan akan rampung pada bulan september tahun ini. Jika dibandingkan dengan gedung kantor desa pada umumnya di mojokerto, kantor desa petak jelas jauh lebih megah dan mewah.Hal itu membuat respon warga sekitar beraneka ragam yang mayoritas mereka merasa bangga dan berharap kantor desa ala eropa ini bisa menjadi ikon dan menarik meningkatkan perekonomian setempat. (Alif Putra)


Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment