ANTAM GELAR PELATIHAN PENGELAAN POTENSI LOKAL

(IndonesiaBangkit.Net, Kolaka) – 7 Desember 2017 – PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi camat dan aparat Lurah dan Desa se Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka di bidang pengelolaan sumber daya alam lokal secara partisipatif.

Pelatihan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Norgantara Global Inspiratif (NGI) di kota Yogyakarta 27-29 November 2017 lalu. Vice President and Corporate Social Responsibility (VP HC & CSR) PT ANTAM UBPN Sultra Kamsi menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen ANTAM di bidang peningkatan kapasitas aparatur pemerintah Lurah dan Desa hingga Camat yang ada di Kecamatan Pomalaa.

Tujuannya adalah membangun kesadaran para pemangku kepentingan yang ada di wilayah ring satu (1) areal operasi PT ANTAM di kecamatan Pomalaa untuk mulai mengembangkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki setiap desa dalam mensejahterahkan masyarakatnya.

Hal ini didasari oleh keberadaan ANTAM di kecamatan Pomalaa sebagai perusahaan tambang milik negara yang menjadi penghasil devisa Negara, memerlukan dukungan semua pihak. Terutama, aparatur Desa / Lurah hingga Camat yang diharapkan dapat menjadi pihak penengah antara ANTAM dengan masyarakat sekitar.

Untuk itu, diperlukan sebuah strategi kolaborasi yang baik antar masyarakat, pemerintah Desa / Lurah dan kecamatan serta ANTAM dalam menggagas berbagai porgram pemberdayaan melalui anggaran Community Social Responsibility (CSR) demi meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Namun hingga kini, semua program itu dirasa belum dapat menjawab kebutuhan utama masyarakat. Hal ini disebabkan, sasaran penyaluran CSR ANTAM dalam beberapa tahun terakhir selalu difokuskan pada pembangunan infrastruktur, Sementara program pengembangan SDA dan SDM masyarakat masih sangat terbatas.

Strategi kolaborasi ini juga diharapkan menjadi alat komunikasi efektif bagi ANTAM dengan para pemangku kepentingan yang ada di kecamatan Pomalaa. “Program ini pada dasarnya untuk membangun hubungan yang baik dengan semua stakeholder di kecamatan Pomalaa, termasuk camat dan para kepala desa/lurah agar semua program ANTAM bisa didukung dengan baik, kalaupun ada hal yang perlu dikritisi, silahkan dikritisi melalui bingkai komunikasi yang baik,” jelas Kamsi melalui siaran persnya, Selasa (5/11/2017).

ANTAM memandang penting adanya komunikasi yang baik antara stakeholder dengan perusahaan dalam membantu program-program yang dicanangkan ANTAM. Karena kehadiran ANTAM di Pomalaa bertujuan untuk  mensejahterahkan masyarakat dengan membantu program-program pemerintah desa/lurah dan kecamatan.

Dalam kesempatan itu, Kamsi juga menyinggung tentang kondisi terkini ANTAM yang masih belum bisa menghasilkan keuntungan yang baik akibat tekanan harga komoditas nikel dan bahan mineral lainnya di pasar global. Kata dia, walaupun secara parsial, keuntungan laba perusahaan yang bersumber dari ANTAM UBPN Sultra menunjukan angka positif, namun secara koorposrasi, perolehan laba masih menunjukan angka negatif dengan posisi laba bersih saat ini mencapai Rp 64,8 miliar.

Camat Pomalaa, Sairman mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kali ini. Program ini sangat mengispirasi para kepala desa/lurah untuk melakukan berbagai terobosan di masing-masing desa dan kelurahannya dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

“Salah satu output yang dapat kami lakukan usai pelatihan ini adalah dengan membuat profil wilayah yang lengkap dan partisipatif. Baik itu di level desa dan lurah maupun kecamatan. Selian itu, di 2018, kami juga memprogramkan adanya BUMDes,” kata Sairman. (Rajabbudin)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment