AKIBAT PERGERAKAN TANAH PULUHAN RUMAH DICIAMIS ALAMI RUSAK BERAT NYARIS AMBRUK

(IndonesiaBangkit.Net, Ciamis) – 30 Oktober 2019 – Dua puluh empat rumah mengalami keretakan dan rusak yang sangat barat,akibat pergerkan tanah retak dampak dari musim kemarau panjang puluhan rumah di ciamis jawa barat,rusak berat. Beberapa warga mengaku khawatir umahnya akan ambruk, karena itu beberapa kini mulai mengungsi karena di picu oleh pergeseran sesar lembang(30/10/19).

Beberapa rumah warga di dusun sukamandi, desa kadupandak, tambaksari ciamis jawa barat, beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan berat,hampir di seluruh bangunan, dinding rumah mengalami keretakan hingga ambruk,lantai rumah dan tembok penyangga bangunan pun mengalami keretakan yang cukup parah.

Bahkan satu keluarga,pak darto yang terpaksa harus mengungsi lantaran rumah nya rusak berat,dinding bagian belakang dan samping rumahnya jebol dan amruk,tumah pak darto kini sudah tidak layak huni lagi.

Menurut camat tambaksari Dadang Heryana, kerusakan rumah warga dipicu oleh pergerakan tanah akibat musim kemarau yang panjang,yang menyebabkan keretakan tanah,Kondisi yang sama terjadi pada rumah milik wawan setiwan yng tidak jauh dari rumah darto,dinding rumah depan dan belakang mengalami keretakan yang sangat parah dan rawan ambruk,namun wawan memilih bertahan dan tiak mengungsi,dari data yang diterima kecamatan tambaksari terdat lebih dari sepuluh rumah warga yang mengalami kerusakan yang sangat parah.

Akibat kerusakan puluhan rumah warga,kerugian mencapai ratusan juta rupiah,akibat pergerakan tanah di musim kemarau yang panjang kerusakan rumahbwarga juga di sebabkan pergeseran sesar lembang,ihak kecamatan tambaksari dan pemerintahan serta BPBD kabupaten ciamis menghimbau agar warga tidak menempati rumah di malam hari karena rawan ambruk. (Cucu Agus Lesmana)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment