AKIBAT PENDANGKALAN MUARA, PELABUHAN KAPAL IKAN KUALA CANGKOI TERANCAM TUTUP

(IndonesiaBangkit.Net, Aceh Utara) – 6 Februari 2018 – Fenomena Air Surut terjadi di wilayah Kuala Cangkoi Lapang Aceh utara beberapa tahun. Ini menyebabkan pelabuhan ikan setempat terancam tutup akibat terjadi pendangkalan hingga kapal tidak bisa merapat ke dermaga.

Ini diperparah oleh endapan sungai yang menutup jalur lintas nelayan ke dermaga, yang tempat menjadi tempat pelelangan ikan. Timbunan pasir di antara susunan batu penahan ombak terlihat masih dibiarkan menggunung pasca pembangunan beberapa tahun lalu.

Panglima laot lapang, M hasan mengatakan ada 200 kapal motor nelayan yang berpangkalan di kuala cangkoi ini telah mencari dermaga lain akibat kedangkalan muara sungai ini. Mereka tidak dapat keluar masuk ke pelabuhan hanya mengandalkan air laut saat pasang.

Kondisi muara dangkal ini telah berlangsung bertahu tahun padahal pemerintah tinggal memindahkan batu penahan ombak 100 meter ke arah laut ,sehingga muaranya bertambah lebar dan tinggal mengeruk pasir yang ada. Para nelayan mengaku tidak mampu berbuat apapun apabila pemeritah tidak secepatnya mangatasi persoalan.

Kuala cangkoi direncanakan sebagai pusat penjualan ikan terbasar di kawasan tengah aceh utara dimana sejumlah fasilitas pedukung seperti gedung perbengkelan dan fasilitas lainnya telah di siapkan. Ironisnya semua rencana tinggal dimana nasibnya kini terbengkalai. (Bang Pon)


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Mr Indo Bangkit

Leave a Comment